13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk

13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk - Hallo sahabat Menu Sehat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Menu Sehat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk
link : 13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk

Baca juga


13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk


Makan makananan sehat merupakan salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya itu saja keuntungannya, makanan sehat juga membawa dampak baik bagi mood Anda sehari-hariApa saja, sih, menu makanan sehat agar tubuh tetap bugar? Haruskah mengikuti aturan makanan 4 sehat 5 sempurna yang sudah melegenda sedari dulu? Mari simak penjelasan berikut ini

Prinsip makan 4 sehat 5 sempurna itu sudah ketinggalan zaman

Mungkin prinsip 4 sehat 5 sempurna telah menjadi slogan yang terus terngiang-ngiang dalam ingatan Anda. Slogan ini juga mungkin sudah Anda hafalkan sejak kecil. Namun, tahukah Anda bahwa slogan tersebut sudah tidak digunakan lagi saat ini? Mengapa begitu, ya?
Slogan ini awalnya muncul sebagai kampanye pada tahun 1952. Sejak itu, 4 sehat 5 sempurna selalu menjadi prinsip utama bila ingin hidup sehat. Kemudian seiring berjalannya waktu dan berkembangnya ilmu pengetahuan, slogan ini tidak sesuai lagi dengan kehidupan di zaman sekarang.
Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan Indonesia telah mengeluarkan penggantinya, yaitu Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Prinsip makan ini memang baru dikeluarkan dan disahkan pada tahun 2014 lalu, sehingga belum banyak yang tahu bahwa 4 sehat 5 sempurna tidak berlaku lagi.
Berikut adalah alasan mengapa slogan 4 sehat 5 sempurna dinilai kurang pas dan digantikan akhirnya dengan Pedoman Gizi Seimbang.

1. Makan sehat saja tidak cukup

Dahulu, mungkin Anda berpikir jika ingin hidup sehat maka Anda tinggal memenuhi prinsip makan 4 sehat 5 sempurna. Ini berarti setiap makan harus ada makanan pokok, lauk yang terdiri dari protein hewani dan protein nabati, sayur, buah, dan susu sebagai penyempurnanya.
Pada kenyataannya, makanan bukan satu-satunya penentu status kesehatan Anda. Memilih makanan sehat saja tidak cukup untuk menjaga kebugaran dan kesehatan Anda secara keseluruhan.
Dalam pedoman yang baru ini, disebutkan beberapa anjuran lain bila Anda ingin hidup sehat. Di antaranya berolahraga rutin, mengatur porsi makan, memantau berat badan secara teratur, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

2. Susu tidak wajib jadi pelengkap

Bila Anda beranggapan bahwa menu diet sehat Anda baru akan sempurna kalau sudah minum susu, maka Anda keliru. Susu tidak wajib lagi dimasukkan ke dalam menu diet sehat Anda sehari-hari. Pasalnya, susu memiliki kandungan yang sama seperti lauk protein hewani.
Sedangkan kandungan lain yang ada di susu seperti kalsium, fosfor, dan zat besi, juga bisa Anda temukan dalam berbagai protein hewani lainnya. Jadi jangan khawatir Anda menjadi tidak sehat karena selama ini tidak minum susu.

3. Tidak ada ketentuan porsi

Di dalam slogan makan makanan sehat yang lama, tidak ada ketentuan dan aturan seberapa banyak porsi makan dalam sehari. Padahal, ketentuan porsi makan sangatlah penting untuk mencegah Anda mengalami kegemukan dan terserang berbagai penyakit kronis.
Sementara itu, pada Pedoman Gizi Seimbang Anda juga bisa mendapatkan pembagian porsi menu makanan sehat di dalam piring makan Anda.

4. Bahan makanan harus bervariasi

Semakin banyak bahan menu makanan sehat yang Anda makan, semakin baik kandungan gizinya. Dalam Prinsip Gizi Seimbang, ditekankan juga untuk mengonsumsi beragam jenis bahan makanan.
Tidak hanya bergantung dengan satu jenis makanan saja, seperti makanan pokok yang bisa diganti dengan jagung, mi, ubi, atau kentang – tak harus nasi terus. Sedangkan di dalam slogan yang terdahulu tidak ada pesan tersebut.

5. Anda juga harus banyak minum air

Dalam 4 sehat 5 sempurna, tidak disebutkan bahwa Anda harus mengonsumsi air mineral. Padahal, pemenuhan cairan sangat penting untuk menjaga kecukupan cairan di dalam tubuh Anda. Cairan yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan Anda hanyalah air mineral.
Oleh karena itu, pada Pedoman Gizi Seimbang Anda dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas per hari atau sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Tips untuk makan makanan sehat bagi orang yang sibuk

Dikejar deadline, padatnya jadwal meeting, lembur sampai malam, harus mengurus rumah, dan kesibukan lainnya terkadang bikin orang-orang yang sibuk susah mengontrol asupan makanan. Biasanya, mereka hanya memilih makan yang cepat dan gampang diperoleh supaya tidak menyita banyak waktu.
Padahal, asupan makanan sehat adalah hal yang penting untuk menunjang kesehatan manusia, mengendalikan berat badan, meningkatkan kinerja otak, dan menambah tenaga seharian. Berikut adalah tips dan pilhan makanan sehat yang gampang diperoleh untuk orang-orang sibuk.

1. Sarapan

porsi sarapan ideal
Sarapan sangat penting untuk menyokong energi dan membantu mengendalikan gula darah. Hindari sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan gula. Menu makanan sehat saat sarapan yang dianjurkan untuk disantap:
  • Makanan dengan karbohidrat kompleks yang tinggi misalnya oatmeal, nasi merah, sereal, buah, dan sayur.
  • Makanan yang mengandung serat yang tinggi misalnya sereal gandum dan chia seed.
  • Menu yang kaya akan protein misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, susu almond, susu sapi rendah lemak, yoghurt, dan telur.
  • Makanan dengan lemak baik dari kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan kelapa. 

2. Jangan kebanyakan minum kopi

meningkatkan libido pria
Kebanyakan minum kopi akan membebani organ hati Anda, membuat Anda dehidrasi (karena kopi adalah minuman yang bersifat diuretik alias meningkatkan kecepatan pembentukan urine), dan meningkatkan risiko gula darah yang tidak stabil.
Hati adalah organ yang membersihkan racun tubuh Anda, jadi apabila organ hati Anda terbebani, maka kemungkinan Anda terkena penyakit dan berat badan bertambah meningkat. Kurangi konsumsi kopi atau mungkin kalau bisa jangan mengonsumsi kopi. Konsumsilah teh-teh herbal yang bermanfaat bagi tubuh, misalnya:
  • Teh akar dandelion yang dapat membantu organ hati membersihkan racun tubuh
  • Teh ginseng untuk membantu meningkatkan energi
  • Teh oolong bisa membantu menurunkan berat badan
  • Teh hijau guna meningkatkan konsentrasi
  • Teh daun mint untuk mengurangi sakit perut

3. Banyak minum air putih

air putih obat infeksi saluran kencing alami
Jangan lupa untuk banyak minum. Minimal minumah 8 gelas air putih dalam sehari agar kadar energi Anda tetap tinggi, pencernaan Anda lancar, dan konsentrasi Anda terjaga.
Ketika tubuh Anda dehidrasi, terkadang tubuh Anda malah akan memberikan sinyal yang yang keliru, yaitu sensasi lapar. Anda bisa minum air putih 20 menit sebelum atau 60 menit sesudah makan. 

4. Kurangi makan makanan kemasan

makanan kemasan
Pada umumnya, makanan kemasan mengandung banyak gula, garam, penstabil, pengawet, perasa buatan, pewarna buatan, dan lain sebagainya. Bahan-bahan makanan tersebut kurang baik bagi kesehatan. Untuk lebih banyak mengasup makanan sehat, hindari makan makanan kemasan dan makanan siap saji.

5. Makan makanan yang segar

buah untuk sarapan
Daging, ikan, kacang-kacangan, gandum, buah, dan sayur yang segar adalah makanan sehat yang baik untuk kesehatan. Jika Anda ingin membawa snack, bawalah kacang-kacangan atau buah dan sayur yang dipotong kecil-kecil.

6. Perhatikan hasil proses makanan di restoran

restoran BBQ
Waktu memesan makanan di restoran, perhatikan proses pembuatan makanan di buku menu, apakah makanan itu dikukus, direbus, dipanggang, atau dibakar. Cobalah untuk hindari makanan yang digoreng, makanan yang dimasak kering dengan panas yang tinggi atau ditambahi dengan minyak atau lemak, atau au gratin yang mana makanan Anda ditaburi keju yang dipanaskan di atasnya.
Makanan-makanan dengan proses pengolahan seperti itu mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Lebih baik Anda memilih menu makanan sehat yang direbus atau dipanggang.

7. Kurangi konsumsi alkohol

kolesterol minum bir
Untuk setiap gelas alkohol yang Anda minum, seimbangkan dengan meminum segelas air putih. Alkohol membuat Anda dehidrasi, membuat mabuk (keracunan alkohol), dan mengganggu pola tidur. Bagi para pria, jangan mengonsumsi lebih dari 2 gelas alkohol sehari. Sementara itu, untuk wanita batasan amannya yaitu tidak lebih dari segelas sehari.
Alternatif minuman lain seperti alkohol yang ringan, virgin Caesar, white wine spritzer, sparkling water, atau bahkan minum air putih dengan irisan buah lemon. Air lemon sangat baik untuk kesehatan. Misalnya meningkatkan energi, membantu pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu detoksifikasi, membantu menurunkan berat badan, dan membantu perawatan kulit.

8. Makan makanan sehat tinggi serat

manfaat angkak
Daripada makan nasi putih, pilih nasi merah yang lebih kaya kandungan seratnya. Anda juga bisa mengganti roti tawar putih yang biasa Anda makan dengan roti gandum. Selain lebih tinggi serat, roti gandum dan nasi merah juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga bisa beraktivitas seharian dengan lancar.

9. Bawalah snack sehat sendiri

jenis yogurt
Ke mana pun Anda pergi, bawalah camilan sehat seperti buah yang dipotong kecil-kecil, jus, oatmeal, yogurt, sayur segar yang dipotong kecil-kecil, atau kacang-kacangan. Makanlah snack Anda setiap 3 jam sekali untuk membantu gula darah Anda tetap stabil dan mencegah Anda makan berlebihan saat jam makan.

10. Jangan makan berlebihan

makan kekenyangan
Makanlah secukupnya saat jam makan, yaitu sekitar 80 persen kenyang dan jangan sampai lebih dari itu. Kalau Anda masih merasa lapar 10 menit kemudian, barulah makan sedikit lagi.
Makan berlebihan bukan saja mengakibatkan bertambahnya berat badan, melainkan juga menghambat sistem pencernaan Anda dan dapat mengakibatkan penyakit-penyakit yang lebih serius seperti diabetes. Ya, meskipun Anda makan makanan sehat, porsinya tetap harus dikendalikan. 

11. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

buah dan sayur
Makan banyak buah dan sayur setiap harinya. Carilah buah dan sayur yang penuh warna, segar, dan jangan lupa dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan zat-zat kimia atau pestisida yang mungkin terdapat pada buah dan sayur tersebut.
Pilihlah sayur-sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, atau brokoli. Sayur-sayuran hijau banyak mengandung vitamin serta mineral yang bermanfaat bagi kesehatan.

12. Makan secara teratur dan tepat waktu

menu makanan sehat, menu diet sehat, makanan 4 sehat 5 sempurna
Laju metabolisme Anda akan melambat saat malam. Dianjurkan untuk makan makanan sehat sebelum jam 8 malam agar tubuh Anda sempat untuk memproses makanan yang Anda makan dan membersihkan racun pada tubuh Anda sehingga Anda terhindar dari berat badan berlebih. Usahakan untuk selalu makan secara teratur, ya. 

13. Konsumsi suplemen

suplemen untuk diabetes
Terlepas dari sebarapa baik asupan makanan sehat yang Anda makan, tidak ada seorang pun yang memiliki nutrisi sempurna pada tubuh. Dengan lingkungan yang mengandung banyak zat-zat yang tidak baik bagi tubuh kita, atau stres karena pekerjaan dapat mempengaruhi nutrisi di dalam tubuh kita. Berikut adalah suplemen-suplemen yang dianjurkan untuk dikonsumsi:
  • Suplemen multivitamin atau mineral
  • Suplemen probiotik
  • Vitamin B kompleks (untuk membantu mengurangi stres, meningkatkan kerja metabolisme dan membantu meningkatkan sistem imunitas)
  • Suplemen yang mengandung asam lemak esensial omega-3 atau omega-6
  • Minyak ikan (untuk membantu meningkatkan kerja otak, meningkatkan sistem pencernaan, mengurangi stres, dan mengontrol nafsu makan)
Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Konsultasikan dengan ahli gizi untuk mendiskusikan suplemen apa yang tepat untuk Anda.
Semua tips-tips yang disebutkan di atas adalah hal-hal yang cukup mudah dilakukan, tidak peduli seberapa sibuknya Anda. Ingat selalu bahwa kesehatan Anda lebih penting daripada kesibukan Anda.
Perlu diingat bahwa kunci dari hidup sehat adalah dedikasi dan motivasi dari diri sendiri untuk memulai hidup sehat. Jadi, meskipun sibuk, jangan lupa untuk tetap memerhatikan menu diet sehat untuk kesehatan Anda.

Makan makanan sehat juga bisa bikin suasana hati jadi senang

Makanan-makanan sehat nan lezat di bawah ini mengandung nutrisi baik yang telah terbukti mampu memberikan dorongan energi, menurunkan kadar hormon stres kortisol, dan meningkatkan kadar hormon bahagia yaitu serotonin. Ini dia makanan dan menu diet sehat yang bisa bikin mood jadi lebih baik dan ceria sepanjang hari:

1. Jeruk

serabut putih pada jeruk
Jeruk adalah gudangnya vitamin C. Vitamin C memiliki manfaat yang beragam, bukan cuma meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini sudah terbukti ampuh mengurangi efek fisik dan psikologis dari tekanan stres.
Kadar vitamin C paling tinggi dalam tubuh ditemukan secara alami di kelenjar adrenalin, dan penelitian menunjukkan bahwa stres dapat menguras persediaan vitamin C dalam tubuh. Itulah sebabnya orang yang memiliki kadar vitamin C tinggi tidak menunjukkan tanda stres mental dan fisik yang diharapkan saat mengalami tantangan psikologis akut.
Terlebih lagi, mereka dilaporkan bisa lebih cepat bangkit kembali dari situasi stres daripada orang dengan kadar vitamin C rendah dalam darah mereka.

2. Kacang mete

kacang mete
Anda tidak harus makan kacang mete di waktu hari raya lebaran saja. Kacang mete bisa dikonsumsi kapan saja. Selain itu, makanan sehat ini dinobatkan sebagai salah satu pereda stres yang paling baik di antara semua jenis kacang. Ini karena kacang mete mengandung kadar zinc yang tinggi per onsnya mencukupi 11 persen kebutuhan harian Anda.
Kadar zinc yang rendah dalam tubuh telah dikaitkan dengan kecemasan tinggi dan kecenderungan depresi. Apalagi karena tubuh tidak memiliki fasilitas untuk menyimpan cadangan zinc, maka Anda harus mendapatkan asupannya setiap hari seperti dari kacang mete.

3. Yoghurt

yoghurt saat puasa
Sebuah studi UCLA 2013 di antara 36 wanita sehat mengungkap bahwa mengonsumsi probiotik dalam yogurt mengurangi aktivitas otak di daerah yang menangani emosi, termasuk stres, dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi yogurt tanpa probiotik atau tanpa yogurt sama sekali. Penelitian ini kecil sehingga masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan hasilnya.
Tidak ada salahnya untuk ngemil yogurt sebagai cara menghilangkan stres. Apalagi yogurt juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya seperti protein dan kalsium.


Demikianlah Artikel 13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk

Sekianlah artikel 13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk dengan alamat link https://blogmenusehat.blogspot.com/2019/02/13-tips-makan-sehat-untuk-orang-yang.html

0 Response to "13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk"

Posting Komentar

My Blog List